Tentang Kesalahan Sesudah Shalat

Ditulis Oleh : Indraez.vbs

Artikel Tentang Kesalahan Sesudah Shalat ini ditulis oleh Indraez.vbs pada hari Minggu, 11 November 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini, Jika menurut anda artikel ini bermanfaat mohon disebarluaskan dan jangan lupa disertakan sumbernya, semoga menjadi amal soleha untuk kita semua. Kritik dan saran tentang Tentang Kesalahan Sesudah Shalat dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah. jika anda ragu-ragu dalam artikel ini lebih baik tanyakan kepada orang yang ahli di bidangnya.

:: Get this widget ! ::

Beberapa hal yang biasa dilakukan oleh banyak orang setelah shalat fardhu yang lima waktu, tetapi tidak ada contoh dan dalil dari Rasulullah saw dan para sahabat.


     Di antara kesalahan dan bid'ah tersebut ialah :

1. Mengusap muka setelah salam
2. Berdoa dan berdzikir secara berjamaah yang dipimpin oleh imam shalat
3. Berdzikir dengan bacaan yang tidak ada nash / dalil nya, baik lafazh maupun bilangannya, atau berdzikir dengan dasar hadits yang dha'if  (  lemah ) atau maudhu' ( palsu ).

    Contoh : 

sesudah salam membaca : " alhamdulillah 
- membaca surat al-faatihah setelah salam
- membaca beberapa ayat terakhir surat al-Hasyr dan lainnya

4. Menghitung dzikir dengan memakai biji-bijian tasbih atau yang serupa dengan nya. karena tidak ada satupun hadits yang shahih tentang menghitung dzikir dengan biji-bijian tasbih bahkan sebagiannya maudhu'( palsu ). Syaikh al-Albani mengatakan : " berdzikir dengan biji-bijian tasbih adalah bid'ah " .
5. Berdzikir dengan suara keras dan beramai-ramai (dengan koor / berjama'ah) 
6. Imam dan makmum membiasakan / merutinkan berdo'a dengan berjama'ah setelah shalat fardhu dan mengangkat tangan pada do'a tersebut, (perbuatan ini) tidak ada contohnya dari Rasulullah saw.
7. Saling berjabat tangan seusai shalat fardhu ( bersalam-salaman ). tidak ada seorangpun dari sahabat atau salafush shalih yang berjabat tangan kepada orang disebelah kanan atau kiri, depan atau belakangnya apabila mereka selesai melaksanakan shalat. para ulama mengatakan " perbuatan tersebut adalah bid'ah ".
Artikel Terkait
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2012 Al - Jazar |Designed by Indraez.VBS |Converted to blogger by X-atm092.VBS

Tambahan

Koreksi, kritik dan saran terhadap blog ini demi kesucian agama islam selalu kami nantikan untuk kami sampaikan kepada mereka yang berkompeten untuk menjawabnya.